Lion Air Gagal Landing di Batam. Ini Pemicunya

lion-air-gagal-landing-di-batam-ini-pemicunya . (Ilustrasi/net)

DIDADAMEDIA -- Sepertinya, para penumpang Lion Air JT3238 rute Pekanbaru-Batam, cukup tegang. Bagaimana tidak, kabarnya, pesawat yang membawa sekitar 186 penumpang itu gagal landing di Bandar Udara (Bandara) Hang Nadim Batam.

Apa sebabnya?

Dalam dunia penerbangan, cuaca buruk kerap menjadi kendala. Kondisi itu yang dialami Lion Air JT3238 (Pekanbaru-Batam). Karena faktor cuaca yang buruk, Lion Air JT3238 gagal mendarat di titik tujuan, Bandara Hang Nadim Batam.

Mengutip sejumlah sumber, Badrudin Pedro, Hubungan Masyarakat (Humas) PT Bandara Internasional Batam (BIB), mengakui kegagalan Lion Air JT3238 dari Pekanbaru mendarat di Bandara Hang Nadim Batam pada Kamis (1/6/2023) pagi, sekitar pukul 07.30 WIB.

Badrudin Pedro mengisahkan, akibat cuaca buruk, pesawat itu sempat berputar arah kembali ke Pekanbaru. Akan tetapi, sekitar dua jam kemudian, yakni pukul 10.15 WIB, Lion Air JT3238 berhasil landing di Bandara Hang Nadim secara selamat.

Suratman, Koordinator Bidang Data dan Informasi Badan Meteorologi-Klimatologi-Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam menuturkan, kondisi cuaca tadi pagi, yakni pukul 08.00-09.30 WIB memang buruk.

"Jarak pandangnya hanya 400-1.500 meter," sebut dia.

Ini berarti, jelasnya, dalam dunia penerbangan, jarak pandang tidak melebihi 1.000 meter masuk katagori sangat buruk.

Editor: redaktur

Komentar