Tidak Ada Mobil Damkar, Petugas Damkar Tak Berdaya Hadapi Si Jago Mera

tidak-ada-mobil-damkar-petugas-damkar-tak-berdaya-hadapi-si-jago-mera . (net)

Didada Media - Petugas UPT Damkar Tanjungsari, Sumedang, Jawa Barat hanya bisa pasrah menghadapi si jago merah. Belasan ribu dipastikan terpangang dalam kebakaran kandang ayam di Desa Cimarias,Kecamatan Pamulihan, Sumedang pada Selasa (9/1/24) dini hari tadi.

Petugas UPT Damkar yang datang ke lokasi hanya menggunakan sepeda motor. Ketiadaan mobil pemadam kebakaran membuat proses pemadaman dilakukan secara manual dengan menggunakan ember.

Petugas menyesalkan peristiwa itu. Kalau saja mereka datang dengan membawa mobil pemdaman, setengah bangunan kandang seluas 240 meter persegi itu mungkin akan ada bagian yang terselamatkannya. 

"Kalau ada mobil, separuh bangunan akan terselamatkan," kata Danton UPT Damkar Tanjungsari, Daniel Bakti kepada wartawan, Selasa (9/1/24).

Dia mengatakan, petugas damkar bersepeda motor yang sampai ke lokasi kebakaran hanya menjadi bagian penonton. 

"Pami aya (seandainya ada) mobil damkar, minimal setengah bangunan atau aset bisa terselamatkan," kata Daniel. 

Kebakaran hebat melanda sebuah kandang ayam di Dusun Ciakar Bedeng RT 02/02, Desa Cimarias, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Selasa dini hari. 

Peristiwa tersebut menimpa kandang ayam milik Ganjar (38).

Daniel mengatakan, peristiwa kebakaran ini dilaporkan oleh warga pada sekitar pukul 02.48 WIB.

Menurut Daniel, kebakaran kandang ayam berukuran 240 meter persegi tersebut diduga akibat korsleting listrik. 

"Sebanyak 12 ribu ekor ayam mati terpanggang, bangunannya masih baru. Kerugian ditaksir sekira Rp 700 juta," kata Daniel.

Editor: redaktur

Komentar