Inilah Penyebab Mesin Mobil Jadi Pincang

inilah-penyebab-mesin-mobil-jadi-pincang Salah satu masalah yang dapat dialami mobil adalah mesin mobil yang menjadi pincang. (net)

DIDADAMEDIA - Dalam kegiatan sehari-hari, transportasi pribadi seperti mobil merupakan salah satu hal terpenting karena memudahkan pengguna untuk bepergian. 

Namun, bila mobil tidak diperiksa secara rutin, maka dapat menimbulkan masalah yang membuat aktivitas anda menjadi terhambat. Salah satu masalah yang bisa dialami oleh mobil adalah mesin mobil pincang.

Inilah penyebab timbulnya mesin mobil pincang.

1. Busi mati

Masalah pada komponen ini sudah paling umum ditemukan dalam mesin mobil anda. Rusaknya komponen busi mengakibatkan proses pengapian tidak berjalan normal dan hilangnya fungsi silinder. Imbasnya, muncul getaran mesin yang tidak rata saat posisi idling.

2. Koil rusak

Pada kendaraan yang menggunakan tipe koil in plug atau mesin dengan satu koil untuk satu silinder, koil yang rusak sedikit saja dapat membuat mesin mobil pincang. Hal tersebut juga dapat terjadi pada mobil injeksi.

3. ECU bermasalah

Salah satu penyebab mesin mobil injeksi pincang adalah timbulnya masalah dalam Engine Control Unit atau ECU. ECU yang mengalami masalah dapat membuat kegagalan dalam sistem dalam mobil seperti hilangnya arus listrik ke koil.

4. Injector kotor

Injector berfungsi mengalirkan bahan bakar ke dalam silinder supaya tercampur dengan udara. Bila ada satu injector yang tersumbat, maka mesin mobil menjadi pincang ketika dalam rpm rendah.

Itulah beberapa penyebab mesin mobil menjadi pincang. Periksalah secara rutin mobil anda sebelum bepergian.

Editor: Budi Mulia Setiawan

Komentar