Bola Emas Piala Dunia 1986 milik Maradona akan dilelang

bola-emas-piala-dunia-1986-milik-maradona-akan-dilelang . (net)

Tridinews.com, Paris - Satu lagi memorabilia dari mendiang Diego Armando Maradona akan dilelang. Kali ini giliran bola emas yang didapat Maradona di Piala Dunia 1986.

Bola Emas FIFA adalah penghargaan bagi para pemain terbaik di setiap edisi Piala Dunia. FIFA memulai tradisi ini sejak 1982 dengan Paolo Rossi sebagai pemenang edisi perdana.

Edisi kedua dimenangi Maradona saat membawa Argentina juara Piala Dunia 1986 di Meksiko. Saat itu Maradona yang berusia 26 tahun jadi kapten Argentina dan mencetak dua gol bersejarah ke gawang Inggris di perempatfinal, yakni gol solo run melewati enam pemain dan gol Tangan Tuhan

Maradona menerima trofi Bola Emas Adidas sebagai pemain terbaik Piala Dunia di Lido, Paris, Prancis, 13 November 1986. Hingga Piala Dunia 2022 Qatar, trofi Bola Emas Adidas itu tidak pernah dilelang dan selalu disimpan di Museum FIFA di Zurich sejak 1990.

Untuk desain 1986, FIFA menggunakan bola resmi Adidas Azteca. Nah, khusus untuk trofi Bola Emas Maradona, FIFA memutuskan untuk melelangnya di Rumah Lelang Internasional Aguttes- Neuilly-sur-Seine, Paris, 6 Juni mendatang.

Ini jadi barang ketiga Maradona di Piala Dunia 1986 setelah jersey yang dikenakannya saat menghadapi Inggris dan bola yang dipakai di laga itu. Untuk jersey, laku sekitar 7 juta paun (Rp 127,5 M) pada pelelangan Mei 2022.

Editor: redaktur

Komentar