Iran - Israel Kian Memanas, Serangan di Damaskus Segera Ditanggapi

iran-israel-kian-memanas-serangan-di-damaskus-segera-ditanggapi . (net)

Tridinews.com - Hubungan Iran dan Israel kian menegang. Iran memberi isyarat ke Amerika Serikat (AS), bahwa mereka akan menanggapi serangan Israel di Damaskus, Suriah.

Dilansir Reuters, Jumat (12/4/2024) pesan Iran ke Washington itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian selama kunjungan pada hari Minggu (7/4) ke negara Teluk Arab, Oman. Oman diketahui sering bertindak sebagai perantara antara Teheran dan Washington.

Namun, seorang juru bicara Gedung Putih menolak mengomentari pesan apa pun dari Iran. Namun, ia memastikan Amerika Serikat telah menyampaikan kepada Iran bahwa negara mereka tidak terlibat dalam serangan terhadap kedutaan Iran di Suriah.

Kementerian luar negeri Iran tidak dapat dihubungi untuk memberikan komentar. Pemerintah Oman juga tidak segera menanggapi pertanyaan komentar melalui email, yang dikirim selama hari raya Idul Fitri.

Sebuah sumber yang akrab dengan intelijen AS tidak mengetahui pesan yang disampaikan melalui Oman. Namun sumber itu mengatakan bahwa Iran 'sudah sangat jelas' bahwa tanggapannya terhadap serangan terhadap kompleks kedutaan besarnya di Damaskus akan 'dikendalikan' dan 'tidak meningkat; serta direncanakan 'untuk melakukan tindakan yang lebih keras'.

Sebelumnya diketahui, serangan udara Israel menghancurkan gedung konsuler di kompleks Kedutaan Besar Iran di Damaskus pada Senin (1/4/2024). Sebanyak 16 orang tewas dalam insiden ini.

Editor: redaktur

Komentar