Mahasiswa Unnes Korban TPPO Sempat Adukan Agen Tak Sesuai Janji

mahasiswa-unnes-korban-tppo-sempat-adukan-agen-tak-sesuai-janji . (net)

Tridinews.com - Universitas Negeri Semarang (Unnes) menyatakan prihatin terkait adanya dugaan tindak pidana perdagangan orang (TPPO) dalam program Ferienjob. Unnes sempat mengirimkan 27 mahasiswa pada 2023 dalam program ke Jerman itu.


"Unnes menyampaikan keprihatinan terhadap adanya dugaan TPPO yang diduga terjadi dalam program Ferienjob. Jika terjadi dugaan pelanggaran tersebut, Unnes mendorong penegakan hukum dilaksanakan sesuai perundang-undangan yang berlaku," kata Humas Unnes, Rahmat Petuguran, Selasa (26/3/2024)


Rahmat menjelaskan, Unnes meneliti rekam jejak program tersebut pada Maret-April 2023 dan tidak menemukan ada yang janggal. Unnes berkoordinasi dengan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI di Jerman untuk menyampaikan informasi data mahasiswa yang akan mengikuti Ferienjob dan permohonan dukungan serta supervisi sebagai prosedur mobilitas sivitas yang melakukan mobilitas internasional.


Unnes juga berkoordinasi dengan orang tua calon peserta Ferienjob serta seluruh koordinator program studi dan dekan untuk melampirkan surat rekomendasi dari program studi atau fakultas. Pada 20 Oktober 2023, Unnes rapat dengan KBRI Berlin dan Dirjen Dikti berdasarkan undangan Kedubes RI di Berlin untuk membahas perkembangan dan permasalahan yang muncul dalam pelaksanaan Ferienjob. Setelah itu ada pertemuan Zoom antara Unnes dan mahasiswa di Jerman. Ternyata ada keluhan dari para mahasiswa tersebut.


"Secara umum, permasalahan yang disampaikan berkaitan dengan jenis pekerjaan dan beban kerja yang dinilai kurang sesuai dengan janji awal agen CV Gen saat melaksanakan sosialisasi sebelumnya. Setelah menerima informasi permasalahan yang disampaikan mahasiswa, Unnes melakukan pemutakhiran data perusahaan, tempat tinggal, kondisi kesehatan, serta meminta mahasiswa untuk pulang ke Indonesia," jelas Rahmat.


"Mahasiswa Unnes pada tanggal 31 Desember 2023 sampai 2 Januari 2024 telah pulang ke Indonesia dalam kondisi sehat dan membawa berbagai pengalaman," imbuhnya.

Editor: redaktur

Komentar