Pekan Depan Pejabat Cina Lakukan Kunjungan Resmi ke Korea Utara

pekan-depan-pejabat-cina-lakukan-kunjungan-resmi-ke-korea-utara . (net)

Tridinews.com - Pejabat tertinggi ketiga China Zhao Leji bakal mengunjungi Korea Utara pekan ini. Kunjungan ini dalam rangka memperingati 75 tahun hubungan diplomatik kedua negara.


Dilansir AFP, Selasa (9/4/2024), Zhao, yang merupakan anggota Komite Tetap Politbiro Partai Komunis China dan merupakan anggota parlemen China, bakal melakukan kunjungan resmi ke Korut.


"Akan memimpin delegasi partai dan pemerintah China untuk melakukan kunjungan resmi mulai 11 hingga 13 April," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Mao Ning dilansir AFP.


Beijing adalah sekutu dan penyumbang ekonomi paling penting bagi Korea Utara. Hubungan mereka terjalin akibat pertumpahan darah dalam Perang Korea pada tahun 1950-an.


Zhao adalah pejabat tertinggi ketiga di Tiongkok, setelah Presiden Xi Jinping dan Perdana Menteri Li Qiang.


Kunjungannya akan menyaksikan dia dan delegasinya menghadiri upacara pembukaan 'Tahun Persahabatan China-Korea Utara'.


"China dan Korea Utara adalah tetangga baik yang dihubungkan oleh pegunungan dan sungai, dan kedua partai serta negara kita selalu menjaga tradisi komunikasi yang bersahabat," katanya.


Kantor berita Korea Utara juga melaporkan bahwa Zhao akan melakukan 'kunjungan resmi' atas undangan partai berkuasa di Pyongyang.

Editor: redaktur

Komentar