Jangan Lewatkan! Komet ZTF Melintasi Langit Indonesia

jangan-lewatkan-komet-zft-melintasi-langit-indonesia komet ZTF akan melewati Bumi. (net)

DIDADAMEDIA - Sebuah komet yang datang dari sisi luar tata surya yaitu komet c/2022 E3 yang disebut komet ZTF ini nantinya akan melewati Bumi.

Menariknya, kemungkinan komet ini akan melintasi langit Indonesia juga, bahkan kita dapat melihat komet ZTF tanpa alat bantu.

Komet ZTF ditemukan pada bulan Maret 2022 lalu oleh teleskop Zwicky Transient Facility  (ZTF), California, AS. Itulah mengapa komet ini disebut komet ZTF.

Katanya, komet ini punya orbit yang sangat lonjong. Ilmuwan memperkirakan periode komet ZTF muncul 50.000 tahun sekali. Mungkin saja komet ini akan dilihat oleh makhluk Bumi hanya satu kali dalam hidupnya.

Peneliti Pusat Riset antariksa BRIN Andi Pangerang mengatakan bahwa dengan orbit komet ZTF yang sangat hiperbolik bahkan silit diperkirakan, ada kemungkinan periode komet ini lebih dari 50 ribu tahun sekali.

Kemudian, untuk melihat komet ini masyarakat Indonesia bisa mengamati sejak 1 Februari pukul 18.30 hingga 2 Februari waktu setempat dari arah Utara dekat konstelasi Camelopardalis.

Untuk DKI Jakarta dan sekitarnya, komet ZTF ini mencapai titik tertingginya pada pukul 21.53 WIB.

Editor: Budi Mulia Setiawan

Komentar