Survei: Jurnalis Kalah Saing Dengan Influencer Sebagai Sumber Berita

survei-jurnalis-kalah-saing-dengan-influencer-sebagai-sumber-berita Survei menyebutkan lebih dari 50 persen pengguna media sosial mendapatkan berita dari influencer. (net)

DIDADAMEDIA - Salah satu survei melaporkan bahwa 55 persen pengguna media sosial dari Tiktok dan Snapchat, serta 52 persen pengguna Instagram mendapatkan berita dari para influencer dan selebritas. Sementara itu, hanya 33 hingga 42 persen yang memperoleh berita dari media berita utama dan jurnalis dari platform tersebut.

Survei tersebut berasal dari wawancara dengan 94.000 orang di 46 negara yang dilakukan oleh Reuters Institute for the Study of Journalism, bagian dari Oxford University.

Menurut survei tersebut, para jurnalis arus utama yang sering mengunggah suatu berita menggunakan Twitter dan Facebook, kini merambah ke Instagram, Snapchat, dan TikTok untuk merasakan pengalaman yang lebih baru.

Penulis utama dari laporan survei tersebut, Nic Newman menyoroti salah satu influencer seperti Matt Welland dari Inggris yang membahas peristiwa terkini melalui Tiktoknya yang memiliki 2,8 juta pelanggan.

Terutama untuk kaum muda, sumber berita terkini tidak hanya melulu tentang politik dan hubungan internasional. Melainkan sesuatu yang baru di masyarakat seperti hiburan, olahraga, gosip selebriti, peristiwa terkini hingga teknologi.

Facebook tetap menjadi sumber berita utama di seluruh dunia, namun pamornya turun dimana angka survei menunjukkan hanya 28 persen pengguna menggunakan aplikasi besutan Mark Zuckerberg itu.

Aplikasi Fb kini tergerus oleh YouTube dan TikTok yang semakin digandrungi oleh kaum muda. Kebanyakan pembaca sekarang mengandalkan tautan dari media sosial.

Editor: Budi Mulia Setiawan

Komentar