5 Tips Kurangi Kolesterol Ketika Konsumsi Daging Kurban

5-tips-kurangi-kolesterol-ketika-konsumsi-daging-kurban Inilah tips untuk mengurangi kolesteral ketika hendak konsumsi daging kurban. (net)

DIDADAMEDIA - Umat Muslim di Indonesia sebentar lagi akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Perayaan tersebut tentunya tak lepas dari memakan daging kurban. Akan tetapi, dengan mengonsumsi daging kurban juga dapat menambah kolesterol dalam tubuh anda.

Berikut tips untuk mengurangi kolesterol ketika memakan daging kurban.

1. Pilih daging yang rendah lemak.

Ketika memilih daging kurban, alangkah baiknya anda memilih daging merah tanpa ada lemak berwarna putih, atau bisa juga dengan cara diiris menggunakan pisau  bagian lemaknya.

2. Gunakan metode memasak yang sehat

Anda juga bisa menghindari memasak dengan menggunakan minyak goreng atau mentega. Contohnya dengan cara panggang, kukus, rebus, atau dibakar untuk mengurangi kadar kolesterol dalam makanan.

3. Kurangi konsumsi daging merah

Daging merah memiliki kadar kandungan lemak jenuh yang tinggi, tentunya dapat meningkatkan kolesterol pada tubuh anda. Sebaiknya beralih ke sumber protein nabati atau sumber protein yang rendah lemak.

4. Perbanyak konsumsi serat

Apabila anda telah mengonsumsi daging maka mesti tambahkan konsumsi makanan yang tinggi serat seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian untuk membantu mengurangi kolesterol.

5. Hindari penggunaan lemak tambahan

Ketika memasak daging kurban sebaiknya hindari penggunaan mentega, minyak kelapa sawit atau minyak kelapa.

Itulah beberapa tips untuk menghindari naiknya kolesterol ketika memakan daging kurban.

Editor: Budi Mulia Setiawan

Komentar