7 Tempat Rayakan Malam Tahun Baru di Bandung

7-tempat-rayakan-malam-tahun-baru-di-bandung . (net)

Didada Media - Tahun 2023 hanya tinggal hitungan jam, dan akan memasuki tahun 2024. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kota Bandung selalu menjadi serbuan

para wisatawan saat libur akhir tahun sekaligus merayakan tahun baru.

Sebagai salah satu tujuan wisata, Bandung memiliki beragam destinasi wisata yang seru, dan memiliki berbagai fasilitas lengkap. Mulai dari penginapan, restoran, café, pusat perbelanjaan, sarana transportasi, paket hotel, hingga event-event tertentu.

Berikut 7 tempat merayakan tahun baru di Bandung yang dapat kamu kunjungi saat pergantian tahun mendatang. 

1. Alun-alun Bandung

Alun-Alun Bandung merupakan salah satu ciri khas Kota Kembang. Setelah mengalami penataan sedemikian rupa, alun-alun Bandung menjadi salah satu destinasi wisata unggulan d kota Bandung. Setiap akhir pekan, para wisatawan lokal akan membanjiri kawasan ini.

Saat malam pergantian tahun, biasanya akan ada banyak orang berdatangan untuk menikmati pesta kembang api yang meriah di Alun-Alun Bandung.

Para pengunjung juga dapat menikmati beragam jajanan khas Bandung yang harganya cukup ramah di kantong.

Alun-Alun Kota Bandung sendiri terletak di Jalan Asia Afrika, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat.

2 Jalan Asia Afrika

Tidak hanya sebatas di Alun-Alun Bandung, perayaan tahun baru juga bisa kamu rasakan di sepanjang Jalan Asia Afrika.

Kamu cukup berjalan menuju Jalan Asia Afrika untuk menikmati pesta tahun baru di sini. 

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan, ada beberapa area parkir yang telah tersedia.

Para pengunjung juga dapat menjumpai komunitas cosplay yang memeriahkan perayaan, mulai dari orang berkostum hantu hingga karakter film favorit.

Dengan semarak suara terompet dan semangat pengunjung menyambut tahun baru, momen pergantian tahun kamu bersama orang-orang tersayang akan terasa lebih menyenangkan.

3 Kawasan Dago

Rekomendasi tempat merayakan tahun baru di Bandung yang selanjutnya adalah kawasan Dago.

Dago telah menjadi destinasi liburan populer berkat ragam tempat belanja serta kuliner yang tersedia.

Sambil menunggu malam pergantian tahun, kamu bisa berjalan kaki dari toko ke toko untuk menikmati kuliner lezat dan mendapatkan oleh-oleh murah.

Apabila ingin menikmati pemandangan city lights yang indah di tengah suasana sejuk pegunungan, cobalah untuk datang ke kawasan Dago atas.

4. Jalan Braga

Merayakan malam tahun baru di Bandung kurang lengkap rasanya bila tidak mampir ke Jalan Braga.

Di tempat ini, pengunjung dapat menikmati suasana malam tahun baruan seperti di Eropa.  Sebab, deretan bangunan di Braga merupakan warisan arsitektur zaman kolonial.

Jalan yang penuh sejarah dan identik dengan Bandung tempo doeloe ini menawarkan berbagai spot menarik, seperti kedai kopi, penginapan, dan restoran-restoran.

5. Lapangan Gasibu

Gedung Sate dan Lapangan Gasibu merupakan dua ikon Kota Bandung yang jaraknya cukup berdekatan.

Menjelang tahun baru, biasanya ada berbagai event di kawasan Gedung Sate. Seperti Museum Festival (Mufest), Pesta Rakyat, Festival Literasi, dan West Java Coffee & Art.

Sementara itu, di Lapangan Gasibu biasanya ada panggung pertunjukan musik, wayang, maupun pesta kembang api.

Lokasi Gedung Sate dan Lapangan Gasibu cukup strategis, di pusat kota yaitu Jalan Diponegoro, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat.

6. Bukit Bintang

Bukit Bintang merupakan titik tertinggi di kawasan Bukit Moko Bandung, Jawa Barat. 

Ketinggiannya mencapai sekitar 1442 mdpl sehingga udara di sana terasa dingin berkabut.

Daya tarik utama dari Bukit Bintang yaitu berupa view pemandangan alam nan indah, serta city lights Kota Bandung saat malam.

Saat malam tahun baru, kamu bisa menyaksikan kemeriahan kembang api dari ketinggian Bukit Bandung, yang sekilas tampak mirip dengan Bukit Bintang Yogyakarta.

Lokasi Bukit Bintang ini terletak di Cimenyan, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat. Harga tiket masuknya dibanderol sekitar Rp15.000, sedangkan untuk camping sebesar Rp25.000.

7. Puncak Ciumbuleuit 

Tidak terlalu jauh dari Lembang, ada spot yang bisa kamu singgahi untuk menikmati malam tahun baru, yaitu Puncak Ciumbuleuit.

Berada di daerah tinggi tapi tidak sejauh Lembang, Puncak Ciumbuleuit bisa menjadi alternatif untuk menghabiskan malam pergantian tahun menuju 2024.

Di sini, kamu tidak hanya bisa melihat pesona Kota Bandung dari ketinggian, tetapi juga menikmati berbagai masakan khas Sunda yang enak dan murah.

Kamu juga bisa nongkrong bersama teman dan pasangan di kafe-kafe menarik seperti Lereng Anteng, Wild Grass, Kiputih Satu, dan Rabbit Hole.

Selain itu, atmosfer di sekitar Jalan Ciumbuleuit sangat menyenangkan sehingga tempat ini sangat cocok untuk merayakan tahun baru bersama orang-orang tersayang

Editor: redaktur

Komentar